Home » » MASJID KUBAH EMAS SYIAR ISLAM INDONESIA

MASJID KUBAH EMAS SYIAR ISLAM INDONESIA

Written By BOTAK on Thursday 3 January 2013 | 05:50






Mendengar Kubah Emas, terlintas di pikiran kita keindahan dan kemegahan. Mungkin sudah mendengar Masjid Kubah Emas, kalau ada yang belum tahu inilah sekilas tentang masjid kubah emas.

Masjid Dian Al Mahri yang didirikan oleh Ibu Hj Dian Juriah Maimun Al Rasyid, masjid tersebut terkenal dengan sebutan Masjid Kubah Emas, Masjid tersebut diresmikan pada tanggal 31 Desember 2006 yang terletak di kelurahan Meruyung kecamatan Limo- Kota  Depok Jawa Barat. Dikatakan kubah emas karena masjid tersebut menggunakan material emas. Adapun teknik pemasangan material emas  sebagai berikut :
·         Pertama, serbuk emas (prada) yang dimahkota pilar/tiang capital.
·         Kedua, Gold plating terdapat pada lampu gantung, railing tangga, pagar mezanin, ornament kaligrafi kalimat tasbih di pucuk langit-langit kubah dan ornament deccoratif di atas mimbar mihrab.
·         Ketiga, Gold mozaik solid yang terdapat di kubah utama dan kubah menara.

Beberapa bagian dari bangunan masjid yang berkarakter keislaman :
a.      Haalaman dalam : Berukuran 45x57 m, mampu menampung 8000 jemaah. Saah satu sisinya berhubungan dengan ruang sholat, sedang tiga sisi lainnya dibatasi selasar dengan deretan pilar-pilar tersebut membentuk arcade yang solah menjadi dari halaman dalam ini.
b.      Minaret : enam minaret berbentuk segienam berjumlah 6 yang melambangkan rukun iman, menjulang ke angkasa setinggi 40 m. Keenam minaret dibalut granit abu-abu daru Uraku dengan irnamen yang melingkar. Pada puncaknya terdapat kubah berlapis mozaik emas 24 karat.
c.       Portal : Ciri lainnya adalah gerbang masuk berupa portal dan hiasan geometris serta obelisk ornamennya.
d.      Kubah : Mengacu pada kubah yang banyak digunakan masjid-masjid di Persia dan India. Lima kubah ini melambangkan rukun islaam. Seluruhnya dibalut mozaik berlapis emas 24 karat yang materialnya di datangkan dari Itali.
e.      Ornament dkoratif sangant detail : Sangat tampak pada interior masjid.

Masjid Dian Al Mahri salah satu tujuan wisata relegi Indonesia dan Mancanegara. Indonesia pantas berbangga karena memiliki tujuan wisata relegi dunia dengan masjid kubah emasnya. Di dunia hanya terdapat 7 masjid yang berkubah emas, adapun masjid-masjid di dunia yang berkubah emas seperti : Masjid Dian Al Mahri di Indonesia, Masjid Qubbah As-Sakhrah di Palestina, Masjid Al Askari di Irak, Masjid Suneri di Lahore, Masjid Sultan Singapura di Singapura, Masjid Omar Ali Saifuddin di Brunei, dan Masjid Jami’ Badar Sri Begawan di Brunei.

Sumber : Buletin Kubah Emas Dian Al Mahri
Share this article :

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.

Blog Archive

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. TAUBAT SAMBAL - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger